Just another WordPress site
Berita  

Risiko Menggunakan GB WhatsApp Yang Harus Diwaspadai Para Pengguna

Popularitas aplikasi meta-messaging atau pesan WhatsApp kini tak perlu diragukan lagi.

WhatsApp sendiri sudah berulang kali menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melindungi privasi penggunanya, salah satunya memastikan enkripsi end-to-end di platformnya.

Namun, seperti banyak aplikasi lain, WhatsApp tidak sempurna. Ada banyak batasan pada fitur yang sering diinginkan pengguna.

Ada banyak fitur yang diinginkan pengguna yang tidak sengaja disediakan oleh platform, salah satunya karena melanggar kebijakan privasi atau keamanan perusahaan.

Namun, ada banyak opsi aplikasi alternatif dengan nama ‘dekorasi’ WhatsApp yang menawarkan berbagai fitur yang tidak dimiliki aplikasi perpesanan saat ini.

Yang sangat Anda butuhkan adalah WhatsApp versi modifikasi, disebut juga WhatsApp Mod, dan salah satunya adalah GB WhatsApp atau GB WhatsApp.

Seringkali aplikasi mod ini tidak lagi tersedia secara resmi di toko aplikasi seperti Play Store atau App Store. Namun, beberapa di antaranya masih dapat diunduh dalam format APK dari situs tidak resmi.

Meski di Play Store sendiri tidak memuat nama WhatsApp, Anda masih bisa menemukan banyak aplikasi serupa WhatsApp dengan ekstensi “GB”.

Mengenal GB WhatsApp

GB WhatsApp sendiri bukanlah versi meta WhatsApp resmi. Oleh karena itu, keamanan data dan privasi pengguna tidak terjamin.

Seperti dilansir India TV Tekno Liputan6.com, WhatsApp GB merupakan versi modifikasi dari WhatsApp yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Tujuannya adalah untuk menambahkan fitur baru yang tidak ada di aplikasi resmi.

* Apakah itu nyata atau scam? Silakan kirimkan WhatsApp ke Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787670 dengan memasukkan kata kunci yang diperlukan untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan.

Baca Juga :   Pecahkan Rekor Penjualan Baru, Final Fantasy XV Terjual 10 Juta Kopi di Seluruh Dunia

Karena aplikasi ini dibuat oleh pihak ketiga, WhatsApp GB atau aplikasi mod ini tidak berafiliasi dengan WhatsApp Inc, Facebook, atau Meta dengan cara apa pun.

GB WhatsApp juga menawarkan banyak fitur. Misalnya, memberikan pengalaman mengobrol seperti menggunakan WhatsApp. Namun, aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan.

Misalnya, menggunakan banyak akun (lebih dari satu) di satu perangkat, menyembunyikan tag saat membaca pesan, mengirim foto HD, balasan otomatis, teks tambahan saat status diperbarui, dll.

Seperti yang dibahas di atas, GB WhatsApp tidak tersedia di toko aplikasi resmi karena tidak resmi.

Pengembang pihak ketiga biasanya menjual WhatsApp GB atau WhatsApp Mod dalam bentuk APK yang dapat diunduh dan dipasang oleh pengguna.

Dengan cara ini, jika Anda tertarik untuk menggunakannya, Anda harus mengunduhnya dari situs web. Mengunduh aplikasi atau file dari luar toko aplikasi resmi tidak dapat diandalkan.

Juga, menginstal dapat membahayakan ponsel cerdas Anda. Jadi, jika Anda ingin menggunakan aplikasi jenis ini, keputusan ada di tangan Anda dan Anda harus siap dengan semua risiko Anda.

GB WhatsApp bukan satu-satunya aplikasi WhatsApp modifikasi yang beredar di Internet. Jenis aplikasi ini sudah ada sejak lama.

Pada tahun 2016, diketahui bahwa banyak pengguna WhatsApp yang diminta untuk beralih ke akun WhatsApp premium bernama WhatsApp Gold.

Namun, sepertinya tidak banyak orang yang tahu bahwa WhatsApp Gold yang dimaksud mengandung malware.

Gambar yang beredar di Twitter saat itu, mengutip Telegraph, menunjukkan bahwa spammer menghubungi pengguna melalui WhatsApp resmi.

Resiko Menggunakan GB WhatsApp

Spammer telah meminta pembaruan ke versi emas, yang mereka klaim hanya tersedia untuk selebriti.

Dia mengatakan pembaruan untuk WhatsApp Gold akan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video, mengirim 100 foto sekaligus, mengirim pesan ke pengguna lain dan kemudian menghapusnya.

Baca Juga :   Amazon Kini Melokalisasi Prime Video untuk Indonesia

Jelas, aplikasi WhatsApp palsu pihak ketiga ini dapat mengunduh malware ke perangkat Anda yang dapat melacak Anda dan mencuri data dan file pribadi Anda.

Namun belum diketahui berapa jumlah korban jiwa. Pencarian di Telegraph tidak menemukan pembaruan WhatsApp Gold di Android atau iOS.

Saya mendapatkan halaman kesalahan 404 ketika mencoba membuka tautan ke situs yang menawarkan pembaruan WhatsApp Gold.

WhatsApp sering memperingatkan bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp GB, YoWhatsApp, dll. dapat secara permanen memblokir akun WhatsApp resmi Anda.

Karena aplikasi ini diinstal dari sumber tidak resmi, ini juga dapat membahayakan privasi Anda.

WhatsApp GB dan aplikasi mod lainnya tidak dijamin enkripsi ujung ke ujung. Meski privasi diklaim sebagai jiwa WhatsApp.

Di halaman FAQ mereka, mereka mengatakan: “Aplikasi yang tidak didukung seperti WhatsApp Plus, WhatsApp GB, atau aplikasi yang mengklaim dapat mentransfer obrolan WhatsApp antar ponsel adalah versi WhatsApp yang dimodifikasi.”

WhatsApp juga mencatat bahwa aplikasi tidak resmi seperti WhatsApp GB dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Persyaratan Layanan WhatsApp.

WhatsApp mengatakan “Kami tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena WhatsApp tidak dapat memverifikasi praktik keamanannya.”

Tepatnya pada Februari 2021, WhatsApp mengklaim telah melayani lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan melalui akun Twitter resminya.

Jumlah pengguna ini menghasilkan setidaknya 100 miliar pesan dan 1 miliar panggilan per hari di aplikasi ini.

Sumber: PPDBPalembang.id